Welcome to the Kingdom

Welcome to the Kingdom

Kamis, 21 Maret 2013

MAKALAH SISTEM PERNAPASAN

SISTEM PERNAPASAN

Kelompok 6
Disusun oleh :
1. Iis Herawati
2. Ike Nurjannah
3. Mialiemi
4. Revy Sefriani
5. Ricca Lestari
6. Sesti Listami
Kelas : 1.B
Dosen Pembimbing : Rika Khairunisyah S.SiT

AKADEMI KEBIDANAN PEMERINTAH KABUPATEN MUARA ENIM
TAHUN AJARAN 2010/2011
KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum. Wr. Wb
Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan taufik dan hidayahnya, sehingga kelompok kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan judul “Sistem Pernapasan”
Dalam penyusunan makalah ini, kelampok kami menyadari masih banyak terdapat kekurangan-kekurangan baik dari segi penulisan, penyusunan maupun dari segi isinya, oleh karena itu kelompok kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari pembaca dan dosen pembimbing, sehingga penyusunan selanjutnya dapat lebih sempurna.
Kami mengharapkan semoga makala ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua.
Muara Enim,  Juni 2011

 
            Penyusun











Daftar Isi


Halaman Judul............................................................................................            
Kata Pengantar...........................................................................................         ii
Daftar Isi......................................................................................................         iii

BAB I Pendahuluan......................................................................................        
1.1 Latar Belakang........................................................................................         1
1.2 Tujuan......................................................................................................         2
1.3 Rumusan Masalah...................................................................................         2

BAB II Pembahasan.....................................................................................        
2.1 Pengertian Sistem Pernapasan.................................................................         3
2.2 Jenis - Jenis Pernapasan...........................................................................         3
2.3 Alat – Alat Sistem Pernapasan................................................................         4
2.4 Kelainan/Gangguan Sistem Pernapasan/Respirasi pada Manusia...........         6

BAB III Penutup..........................................................................................        
3.1 Kesimpulan..............................................................................................         8
3.2 Saran........................................................................................................         8

Daftar Pustaka...............................................................................................         9

 
BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang

Manusia dalam bernapas menghirup oksigen dalam udara bebas dan membuang karbondioksida ke lingkungan. Pernapasan adalah proses ganda yaitu terjadinya pertukaran gas di dalam jaringan atau “pernapasan dalam” dan yang terjadi didalam paru-paru “pernapasan luar”. Pernapasan Luar yang merupakan pertukaran antara O2 dan CO2 antara darah dan udara. Pernapasan Dalam yang merupakan pertukaran O2 dan CO2 dari aliran darah ke sel-sel tubuh.
Sistem pernapasan atau sistem respirasi adalah sistem organ yang digunakan untuk pertukaran gas. Pada hewan berkaki empat, sistem pernapasan umumnya termasuk saluran yang digunakan untuk membawa udara ke dalam paru-paru di mana terjadi pertukaran gas. Diafragma menarik udara masuk dan juga mengeluarkannya. Berbagai variasi sistem pernapasan ditemukan pada berbagai jenis makhluk hidup
1. Sistem pernafasan terdiri daripada hidung , trakea , peparu , tulang rusuk ,otot interkosta bronkus bronkiol,alveolus dan diafragma.
2.Udara disedot ke dalam paru-paru melalui hidung dan trakea
3.Dinding trakea disokong oleh gelang rawan supaya menjadi kuat dan sentiasa terbuka
4.Trakea bercabang kepada bronkus kanan dan bronkus kiri yang disambungkan keparu-paru
.5.Kedua-dua bronkus bercabang lagi kepada bronkiol dan alveolus pada hujung bronkiol.
1.2  Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini yaitu :
1.      Untuk mengetahui lebih mendalam apa itu “Sistem Pernapasan"
2.      Bagaimana cara “Sistem Pernapasan’ pada manusia
3.      Untuk memahami struktur organ pernafasan
4.      Untuk memahami fungsi organ pernafasan dan dapat menjelaskan fungsi organ pernapasan

1.3  Rumusan Masalah
Adapun masalah yang akan dibahas dalam makalah ini sebagai berikut :
1.      Apa yang dimaksud dengan system pernapasan?
2.      Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis pernapasan?
3.      Sebutkan dan Jelaskan Alat-alat system pernapasan?
4.      Apa saja Gangguan/Kelainan pada system pernapasan
















BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian “Sistem Pernapasan”
Pengertian pernafasan atau respirasi adalah suatu proses mulai dari pengambilan oksigen, pengeluaran karbohidrat hingga penggunaan energi di dalam tubuh. Menusia dalam bernapas menghirup oksigen dalam udara bebas dan membuang karbondioksida ke lingkungan.
Sistem pernafasan pada dasarnya dibentuk oleh jalan atau saluran nafas dan paru- paru beserta pembungkusnya (pleura) dan rongga dada yang melindunginya. Di dalam rongga dada terdapat juga jantung di dalamnya. Rongga dada dipisahkan dengan rongga perut olehdiafragma.

2.2 Jenis-Jenis Pernapasan
1. Pernapasan Dada
            adalah pernapasan yang melibatkan otot antartulang rusuk. Mekanismenya dapat dibedakan sebagai berikut
-Fase inspirasi. Fase ini berupa berkontraksinya otot antartulang rusuk sehingga rongga   dada membesar, akibatnya tekanan dalam rongga dada menjadi lebih kecil daripada tekanan di luar sehingga udara luar yang kaya oksigen masuk.
-Fase ekspirasi. Fase ini merupakan fase relaksasi atau kembalinya otot antara tulang rusuk ke posisi semula yang dikuti oleh turunnya tulang rusuk sehingga rongga dada menjadi kecil. Sebagai akibatnya, tekanan di dalam rongga dada menjadi lebih besar daripada tekanan luar, sehingga udara dalam rongga dada yang kaya karbon dioksida keluar.
2. Pernapasan Perut
            adalah pernapasan yang melibatkan otot diafragma. Mekanismenya dapat dibedakan sebagai berikut:
-Fase inspirasi. Fase ini berupa berkontraksinya otot diafragma sehingga rongga dada membesar, akibatnya tekanan dalam rongga dada menjadi lebih kecil daripada tekanan di luar sehingga udara luar yang kaya oksigen masuk.
Fase ekspirasi. Fase ini merupakan fase relaksasi atau kembalinya otot diaframa ke posisi semula yang dikuti oleh turunnya tulang rusuk sehingga rongga dada menjadi kecil. Sebagai akibatnya, tekanan di dalam rongga dada menjadi lebih besar daripada tekanan luar, sehingga udara dalam rongga dada yang kaya karbon dioksida keluar.

2.3 Alat-Alat Sistem Pernapasan
            Alat pernapasan adalah alat atau bagian tubuh tempat O2 dapat berdifusi masuk dan sebaliknya CO2 dapat berdifusi keluar pada respirasi aerob. Alat pernapasan pada manusia terdiri atas rongga hidung, faring ( tekak), laring (pangkal tenggorokan), bronkus (cabang batang tenggorokan), dan pulmo (paru-paru).
1.Rongga hidung ( cavum nasalis)           
Udara dari luar akan masuk lewat rongga hidung (cavum nasalis). Rongga hidung berlapis selaput lendir. Selaput lendir berfungsi menangkap benda asing yang masuk lewat saluran pernapasan. Selain itu, terdapat juga rambut pendek dan tebal yang berfungsi menyaring partikel kotoran yang masuk bersama udara. Juga terdapat konka yang mempunyai banyak kapiler darah yang berfungsi menghangatkan udara yang masuk. Jadi, rongga hidung berfungsi untuk: menyaring udara, melembapkan udara, dan memanaskan udara. diperoleh dari lingkungan sekitar. Oksigen diperlukan untuk oksidasi (pembakaran) zat makanan, yaitu gula (glukosa). Proses oksidasi makanan bertujuan untuk menghasilkan energi. Energi yang dihasilkan digunakan untuk aktivitas hidup, misalnya pertumbuhan, mempertahankan suhu tubuh, pembakaran sel-sel tubuh, dan kontraksi otot. Selain menghasilkan energi,pernapasan juga menghasilkan karbon dioksida, dan uap air. 
2. Faring ( tekak)
Udara dari rongga hidung masuk ke faring. Faring berbentuk seperti tabung corong, terletak di belakang rongga hidung dan mulut, dan tersusun dari otot rangka. Faring berfungsi sebagai jalannya udara dan makanan. Faring merupakan percabangan 2 saluran, yaitu saluran pernapasan ( nasofaring) pada bagian depan dan saluran pencernaan ( orofaring)pada bagian belakang.
3. Laring (pangkal tenggorokan)
Laring terletak antara faring dan trakea. Laring tersusun atas Sembilan buah tulang rawan. Bagian dalam dindingnya digerakkan oleh otot untuk menutup serta membuka glotis. Glotis adalah lubang mirip celah yang menghubungkan trakea dengan faring. Laring memiliki katup yang disebut epiglotis. Pada saat menelan makanan, epiglotis tertutup sehingga makanan tidak masuk ke tenggorokan tetapi menuju kerongkongan. Makan sambil berbicara dapat mengakibatkan makanan masuk ke saluran pernapasan karena saluran pernapasan pada saat tersebut sedang terbuka. Walaupun demikian, saraf kita akan mengatur agar peristiwa menelan, bernapas, dan berbicara tidak terjadi bersamaan sehingga mengakibatkan gangguan kesehatan. Di dalam laring, selain terdapat epiglotis juga ditemukan adanya pita suara. Masuknya udara melalui faring akan menyebabkan pita suara bergetar dan terdengar sebagai suara.

4. Tenggorokan ( trakea)
                      
Tenggorokan berupa pipa yang panjangnya ± 10 cm, terletak sebagian di leher dan sebagian di rongga dada. Dinding tenggorokan tipis dan kaku, dikelilingi oleh cincin tulang rawan, dan pada bagian dalam rongga bersilia. Silia silia ini berfungsi menyaring benda-benda asing yang masuk ke saluran pernapasan.


2.4 Kelainan/Gangguan Sistem Pernapasan/Respirasi pada Manusia

Sistem peredaran oksigen yang diperlukan oleh tubuh manusia bias mengalami gangguan atau kelainan disertai penjelasan pengertian atau definisi singkat yaitu seperti :

1.                  Kelainan/Gangguan/Penyakit Saluran Pernapasan

a.       Penyempitan saluran pernafasan akibat asma atau bronkitis. Bronkis disebabkan  oleh bronkus yang dikelilingi lendir cairan peradangan sedangkan asma adalah penyempitan saluran pernapasan akibat otot polos pada saluran pernapasan mengalami kontraksi yang mengganggu jalan napas.
b.      Sinusitis, adalah radang pada rongga hidung bagian atas.
c.       Renitis, adalah gangguan radang pada hidung.
d.      Pembengkakan kelenjar limfe pada sekitar tekak dan hidung yang mempersempit jalan nafas.Penderita umumnya lebih suka menggunakan mulut untukbernapas
e.       Pleuritis, yaitu merupakan radang pada selaput pembungkus paru-paru atau disebutpleura.
f.       Bronkitis, adalah radang pada bronkus

2.                  Kelainan/Gangguan/Penyakit Dinding Alveolus

  PNEMONIA BAKTERI
Pnemonia yaitu infeksi akut yang terjadi pada paru / saluran napas bagian bawa

3.         Kelainan/Gangguan/Penyakit Sistem Transportasi Udara
a.         Kontaminasi gas CO / karbon monoksida atau CN / sianida.
b.         Kadar haemoglobin / hemoglobin yang kurang pada darah sehingga menyebabkan
tubuh kekurangan oksigen atau kurang darah alias anemia








BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
     Sistem pernafasan terdiri daripada hidung , trakea , paru-paru ,tulang rusu kotot
interkosta,bronkus,bronkiol,alveolus,dandiafragma.Dalam mekanismenya,Udara disedot ke dalamparu-paru melalui hidung dan trakea,dinding trakea disokong oleh gelang rawan supaya menjadi kuat dan sentiasa terbukatrakea bercabang kepada bronkus kanan dan bronkus kiri yang disambungkan kepadaparu-paru .kedua-dua bronkus bercabang lagi kepada bronkiol dan alveolus pada hujungbronkiol .Alveolus mempunyai penyesuaian berikut untuk memudahkan pertukaran gas.
     Penulis menyimpulkan system pernafasan adalah system dalam tubuh yang harus dijaga dan dipelihara, karena jika salah satu organ pernafasan rusak akan mengganggu organ system pernafasan yang lain. Dengan nafas kita bisa Hidup.

3.2 Saran
Jagalah kesehatan organ pernafasan terutama pada paru-paru dan organ sistem  pernafasan lainnya .






DAFTAR PUSTAKA
3. (http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_pernapasan)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar